Pages

Senin, 28 November 2011

Struktur Bahasa Pemrograman,, BAB 2, Konsep Dasar Pemrograman

1.            Pendahuluan
Program merupakan himpunan atau kumpulan intruksi tertulis yang dibuat oleh programer atau suatu bagian executable dari suatu software. Sedangkan Pemrograman adalah suatu kumpulan urutan perintah ke komputer untuk mengerjakan sesuatu, dimana intruksi tersebut menggunakan bahasa yang dimengerti oleh komputer atau dikenal dengan bahasa pemrograman.
2. Pemrograman
Seperti Suatu bahasa manusia, sebuah bahasa pemrograman menyediakan suatu cara untuk mengungkapkan suatu konsep. Pengembangan program mencakup pembuatan model-model keadaan sebenarnya dalam dunia nyata dan membuat program komputer berdasarkan model ini. program komputer menjelaskan metode untuk mengimplementasikan suatu model. bahasa pemrograman juga mempunyai sybtax dan grammar seperti bahasa manusia.

3. Ukuran Kualitas Program
    a. Sebuah program harus dapat mengerjakan tugasnya dengan benar
    b. Dapat melakukan tugasnya secara tepat
    c. Tidak menggunakan banyak sumber daya (processor time,memory, 
         disk capacity, network capacity)
    d. Program mudah dibaca dan dimengerti
    e. Proses pembuatan program selesai tepat waktu
    f. Adanya kesalahan tidak mempengaruhi bagian program (error locality)
   g. Mudah Pemeliharaannya
   h. sebuah Program harus independent dan tidak bergantung pada program lain
   i. Mempunyai dokumentasi yang baik.

4. Struktur Pemrograman Bahasa C
    * C adalah salah satu bahasa pemrograman yang terstruktur
    * Bahasa C terdiri dari fungsi-fungsi
    * Tidak ada perbedaan antara prosedur dengan fungsi
    * Setiap program C mempunyai satu fungsi dengan nama (program utama)
    * Program akan dieksekusi dimyulai dari statement pertama pada fungsi tersebut
    * huruf besar dengan huruf kecil diartikan berbeda (casesensitive)
    * Setiap perintah (statement) diakhiri dengan semi-colon (titik koma(;))

** Bagian Pendeklarasian
   Bagian deklarasi merupakan bagian program untuk mendefinisikan tipe data suatu variable,
   konstanta, serta fungsi dan prosedur yang akan digunakan pada program.

**Bagian Statement 
   Bagian statement merupakan bagian program yang berisi perintah yang akan dieksekusi/
   dijalankan.
** Struktur Bahasa C
    Format penulisan fungsi secara umum:
            #include<header_file>
            deklarasi global_variabel;
            return_type function_name(parameter);
        {
            deklarasi local_variabel;
            statements;
            return (value);
        }

    Fungsi bisa diletakkan di atas atau di bawah funfsi.
    Fungsi yang tidak mengembalikan nilai type-nya (returntype)adalah void.

** Elemen Dasar pemrograman
    1. Pengenal (variabel) dan tipe data
    2. Konstanta
    3. Operator
    4. Statement Input dan output ( I/O )

** Pengenal Dan Tipe Data
    Pengenal (identifier) merupakan nama yang biasa digunakan untuk suatu perubah (variable), 
    konstanta, fungsi, atau obyek lain yang didefinisikan oleh pemrogram.
    
Aturan yang berlaku bagi suatu pengenal secara umum adalah :
1. Pengenal harus diawali dengan huruf (A..Z,a..z)
2. Dapat berupa huruf,angka(0..9) dan karakter garis bawah(_)
3. Tidak boleh menggunkan spasi
4. Panjang pengenal boleh terdiri lebih dari 32 karakter, akan tetapi hanya 32 karakter pertama yang dianggap berarti
5. Case sensitive atau non Case Sensitive tergantung bahasa pemrogramannya. Misal C dan C++ adalah case sensitive


Data adalah bahan mentah yang akan di olah menjadi informasi sehingga dapat dipergunakan kembali oleh user atau pemakai.


1. Tipe Data Dasar :
     a. Tipe data numerik
     b. Enumerasi
     c. Boolean
     d. Karakter
     e. Internationalization


2. Tipe Data Terstruktur
3. Tipe Data Terdefinisi
4. Tipe Data Penunjuk


**Model Komputasi
        Model komputasi adalah suatu kumpulan dari nilai dan operasi-operasi.
Ada 3 dasar model komputasi :
1. Model Fungsional
    Model perhitungan terdiri dari suatu set nilai-nilai, fungsi dan operasi aplikasi, fungsi dan komposisi fungsi.


2. Model Logika
    Logika model perhitungan terdiri dari suatu set nilai-nilai, definisi hubungan dan kesimpulan logis.


3. Model Imperative
    Model perhitungan yang imperative terdiri daru satu set nilai-nilai yang mencakup suatu status dan operasi-operasi tugas-tugas untuk memodifikasi status tersebut.

Definisi Sintaks, Semantik Dan Pragmatis

** Sintaks adalah aturan gramatikal / komposisi suatu program yang mengatur tata cara penulisan huruf, angka, dan karakter lain.
Contoh : pada pembuatan program pascal antara 2 statement di pisahkan oleh ;(titik koma)

**Semantik adalah Mendefinisikan arti dari program yang benar secara sintaks dari bahasa pemrograman tersebut.
Contoh : Pada pembuatan program C
int vector[10]
Arti semantiknya akan menyebabkan ruang sebanyak 10

**Pragmatis adalah Menguraikan derajat tingkat sukses dengan suatu bahasa pemrograman kepada model perhitungan dalam kegunaannya untuk para programer.

Prinsip-prinsip Desain Bahasa Pemrograman

a. Clarity, Simplicity dan Unity
b. Orthogonality
c. Kewajaran untuk Aplikasi
d. Mendukung Abstraksi
e. Kemudahan untuk Verifikasi Program
f. Lingkungan Pemrograman
g. Portabilitas Program
h. Biaya Penggunaan








                                       

Tidak ada komentar:

Posting Komentar